Jumat, 14 Agustus 2009

Explore Ms. Office/Excel

Aplikasi Microsoft Office sudah menjadi aplikasi standard untuk menunjang pekerjaan pengguna komputer baik yang bekerja di kantor atau institusi lain.

Disini saya hanya ingin berbagi inspirasi bahwa dibalik hal diatas, ada suatu fungsi "tersembunyi" yang cukup canggih yang disebut "Macro" di dalam setiap aplikasi Ms. Office.

Macro adalah suatu kumpulan fungsi/perintah yang dapat digunakan di aplikasi Ms. Office untuk menyisipkan modul pemrograman di setiap aplikasi Ms. Office yang dibuat dengan bahasa pemrograman Ms. Office yang disebut VBA (Visual Basic for Application).

Untuk mempersingkat waktu saya akan menunjukkan suatu program MP3 Player yang dibuat dengan fasilitas "Macro" yang ada pada aplikasi Ms. Excel.

Silahkan download program di link ini : http://wl.filegenie.com/~Rusdi/VBA-MP3-Player.xls

Setelah selesai mendownload program ikuti petunjuk ini untuk menjalankan program MP3 Player yang berjalan pada aplikasi Ms. Excel :

* Dari aplikasi Ms. Excel, klik menu ‘Tools’, lalu klik sub menu ‘Macro’ kemudian klik ‘Security…’
* Pilih ‘Medium’ pada tab menu ‘Security Level’ lalu klik ‘OK’
* Buka file VBA-MP3-Player.xls, klik tombol ‘Enable Macros’ pada saat muncul kotak dialog ‘Security Warning’
* Untuk menjalankan program klik tombol ‘Launch Player’ dan setelah itu program MP3 Player siap digunakan. Klik ‘Help’ untuk bantuan cara penggunaan program ini.

Note : Mungkin program MP3 Player yang sederhana ini merupakan program MP3 Player yang pertama dibuat orang melalui aplikasi Ms. Excel

1 komentar:

  1. I've just downloaded this, and it is awesome! Much respect for your vba skills!!

    I had a particular need that I cannot find any program can help me with, and I think your xls sheet could perhaps be modified to deal with it (perhaps very easily). Would it ok if emailed you about it?

    BalasHapus